Kamis, 21 April 2022

Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Jember

 

Tempat Ngabuburit Asyik


Bismillaahirrohmaanirrohim

Tempat Ngabuburit Asyik – Halo sobats Mbak Ruroh. Bagaimana puasanya nih. Masih pada semangat yakan? By the way, ngobrolin bulan puasa tuh tentu tidak akan asing lagi kalau membahas terkait ngabuburit. Emang apa sih ngabuburit itu? Kalau setahu aku sih, aktifitas yang dilakukan sembari menunggu maghrib atau waktu berbuka tiba. Tapi kalau versi Mbah Google apa sih? Yuk kita intip


Berdasarkan Wikipedia Indonesia, Ngabuburit atau Mengabuburit ini berasal dari Bahasa Sunda dari kata burit yang artinya sore atau petang hari.


Kemudian ditambahkan pula dengan awalan -nga dan tambahan -bu. Hal ini juga ada penjelasannya loh. Kalau kata dasar dalam Bahasa Sunda itu mendapatkan awalan -nga. Lalu, keunikan lain dari Bahasa Sunda itu, Ketika kata keterangan waktu yaitu burit, akan berubah menjadi kata kerja setelah ditambahkan awalan -nga. Sedangkan tambahan -bu di sini merupkan repetisi dari kata dasar burit tersebut.


Maka dari itu, ngabuburit merupakan kata kerja yang merujuk pada makna kegiatan atau aktifitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu seraya menyonsong waktu berbuka puasa. 


Kalau kayak gini, jadi lebih paham ya, sobs kata Ngabuburit ini berasal dari mana. Tapi yang menjadi pertanyaan nih. Ketika ngabuburit tuh, enaknya ke mana sih? Kalau kamu kemana nih sobats? 


Mengenai tempat untuk ngabuburit asyik nih, aku sedikit akan membagikan beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi (mungkin) Ketika memutuskan untuk menunggu maghrib di kota Jember, tempat tinggalku berada. Kira-kira apa aja ya? Keep stay tune ya…


Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Jember


Walaupun aku jarang banget nih keluar rumah untuk ngabuburit. Karena terbiasa masak mendekati maghrib. Tapi nggak ada salahnya kan ya untuk berbagi cerita terkait tempat ngabuburit yang bisa kamu tuju Ketika di Jember. 


1. Alun – Alun Kota Jember

Sebagai pusat dari kota Jember, alun-alun ini menjadi spot atau tempat yang sering dituju masyarakat untuk berolahraga, bercengkrama, hingga berburu makanan bahkan jajanan untuk berbuka puasa maupun untuk takjil saja. Tenang, di sini banyak penjual makanan yang bakalan bikin kamu bingung milih mau makan apa aja. Yang pasti siapkan dulu cuannya ya. Atau kalau mau lihat-lihat aja juga bisa kok. Ehehehe.


2. Mengitari Jalan Raya Kota Jember

Berkeliling jalanan kota Jember jadi salahsatu opsi untuk tempat kamu menghabiskan waktu untuk ngabuburit loh. Karena nanti kamu akan menemukan banyak tempat ramai yang tidak ada agenda untuk dituju, lalu misal beli ini itu, takjil mungkin ya. Walaupun nanti di jalanan bisa saja bertemu dengan kemacetan ya kan. Tapi bakalan senang karena bisa refresh sejenak menikmati ngabuburit di jalanan.


3. Jalanan Sekitar Kampus Jember

Waktu itu lagi kepengen buka puasa di luar rumah. Kebetulan tempat yang ingin kami tuju itu harus melewati jalanan kampus. Sepanjang Jalan Kalimantan yaitu daerah Universitas Jember hingga Jalan Mastrip itu, banyak makanan dan minuman yang dijajakan oleh penjual. Tentu kita bakalan mudah untuk cuci mata, atau kepengen beli makanan atau minuman yang diinginkan saat itu.  Yakin bakalan pusing sih ini kalau banyak pilihannya. Hehehe.


4. Mengunjungi Tenant Makanan di Berbagai Titik

Nah, biasanya nih walaupun nggak di pusat kota. Di beberapa titik jalanan di Jember, atau mungkin di kota lain juga demikian ya. Ada banyak tenant yang menjajakan berbagai makanan atau minuman. Biasanya juga ada di depan perumahan tertentu. Kebetulan di sini juga ada. Ramai orang sekitar berdatangan untuk menanti maghrib sembari keliling melihat makanan atau minuman yang ingin mereka beli. Kalau di kota kamu juga ada kayak gini kah, sobs??


5. Di rumah aja 

Opsi terakhir untuk tempat asyik ngabuburit sambil nunggu maghrib. Asyik dan menyenangkan tergantung juga ya kan. Tapi kalau di rumah tuh kita bisa melakukan aktivitas bermanfaat untuk berbagai hal, menyiapkan makanan berbuka, buat takjil, membaca alquran, ikut seminar, menyimak kajian, dan lain sebagainya. Jadi. Di rumah aja juga tetap bisa untuk ngabuburit loh. Karena emang selama puasa ini belum pernah ngabuburit keluar rumah sih. Kecuali dua kali, karena pas habis ujian di BLK, lalu pas lagi nggak masak dan beli makanan jadi. Hehehee


Wah-wah, bisa bisa daftar di atas itu kayak rekomendasi tempat untuk mencari jajanan sebelum berbuka yak an sobats. Hehehee. Bisa juga sih, karena ngabuburit menurut aku juga identik dengan makanan dan minuman. Walaupun di rumah aja pun juga bisa sebenarnya. Tapi itu Kembali ke pribadi masing-masing sih ya.


Nah, kalau menurut kamu nih, tempat ngabuburit asyik versi kamu itu yang mana sih? Boleh lah drop di kolom komentar ya…


Itu dia daftar tempat ngabuburit asyik di Jember yang bisa kamu baca atau jadikan referensi, sobats. Semoga informasi yang aku sampaikan ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk tinggalkan jejak kalian di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca dan mampir di artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


~tabik

Mbak Ruroh


#BPNRamadan2022


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau mampir kemari, tinggalkan pesan kalian ya
Biar berkunjung ke tempat kalian