Senin, 18 April 2022

Kenangan dari Bulan Puasa Saat Pandemi

puasa saat pandemi


Bismillaahirrohmaanirrohim

Puasa saat pandemi – Hai Sobat Mbak Ruroh siapa sih di sini yang tidak terkenang dengan momen bulan puasa di saat pandemi melanda? Tentu kamu semua memiliki kenangan tertentu dari tahun 2020 yang merupakan tahun pertama pandemi, hingga memasuki tahun 2021, lalu tahun 2022 seperti sekarang ini. Nah, karena ada banyak kenangan yang bisa diceritakan untuk dapat diingat Kembali di tahun mendatang. Kali ini aku ingin membagikan sedikit kisahnya Ketika menjalankan ibadah puasa saat pandemi. 


Siapa sih yang mengharapkan adanya pandemi, yang awalnya beranggapan tidak akan masuk ke tanah air, tapi ternyata di bulan ketiga tahun 2020 kabar mengejutkan itu akhirnya datang. Bahkan pergerakan semakin terbatas. Di mana-mana seperti ada ancaman. Kematian benar-benar sangat dekat dan bisa mengintai kapan saja. Walau sejatinya kematian adalah sahabat terdekat manusia.


Sejalan dengan itu, masyarakat dianjurkan untuk menerapkan beberapa protokol Kesehatan di antaranya 3M, yaitu Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Meskipun demikian tersemat makna positif untuk lebih menjaga Kesehatan ya kan?


Lalu, bagaimana dengan menjalankan ibadah puasa saat pandemi? Yuk simak aja terus postingan ini, ya. 


Puasa saat Pandemi di tahun 2020


Tak mudah memang melakukan rutinitas yang berbeda dari biasanya. Sama halnya dengan keadaan ketika menjalankan ibadah puasa saat pandemi. Tahun 2020 menjadi tahun pertama aku menyandang status sebagai istri. Selain ada drama karena masih awal-awal pernikahan. Juga harus menyesuaikan diri dengan keadaan. Ya, bertemu pandemi. 


Tidak ada acara kumpul-kumpul. Sholat tarawih diberi jarak antar jamaah. Tidak ada buka Bersama. Bepergian jauh juga tidak bisa. Sehingga, banyak waktu yang dihabiskan hanya di rumah aja. Jalanan cukup sepi daripada tahun sebelumnya. Kerjaan suami berpindah menjadi daring. 


Hal-hal seperti itulah secuil kenangan dari bulan puasa saat pandemi di tahun 2020. Kalau kamu?


Puasa saat Pandemi di tahun 2021


Satu tahun berlalu, keadaan masih naik turun dan belum stabil seperti sekarang ini. Kasus terkait pandemi masih terus meningkat. Bahkan dikhawatirkan setelah hari raya, atau arus mudik bisa memperparah dengan terjadinya peningkatan pasien yang terpapar virus covid-19. Lalu, bagaimana Ketika menjalankan ibadah puasa di tahun 2021 ini?


Karena sudah pengalaman di tahun 2020, maka di tahun 2021 sudah banyak masyarakat yang lebih taat pada aturan. Lebih bisa banyak yang menjaga Kesehatan dengan protokol Kesehatan yang berlaku. Kegiatan ibadah seperti sholat tarawih dan tadarus masih ada, namun lebih longgar daripada di tahun sebelumnya.


Jalanan Kembali ramai, tidak seperti awal-awal pandemi. Meski begitu, masyarakat tetap menerapkan 3M, apalagi memakai masker. Selain itu, di tahun 2021 ini aku juga baru berani mengikuti buka Bersama dengan teman-teman yang pernah satu perusahaan denganku dahulu. Walau demikian tetap was was kemanapun perginya sekalipun jaraknya juga terbatas. Paling jauh juga rumah emak yang membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua.


Kalau kamu, kenangan apa sih yang berkesan selama ibadah puasa saat pandemi di tahun 2021? Sharing dong…


Puasa saat pandemi di tahun 2022


Alhamdulillah, tidak terasa pandemi memasuki tahun kedua. Bersyukur banget saat ini bisa merayakan ibadah puasa seperti sebelum adanya pandemi covid-19. Hal ini ditandai dengan suasana yang sudah ramai jauh dari 2 tahun sebelumnya. Saat menunggu maghrib, sholat tarawih tetap terlaksana dengan baik tanpa ada jarak di antara kita.


Kegiatan seperti kumpul-kumpul sudah bisa dilaksanakan. Bahkan di bulan puasa ini sekolah tempat kerja suami tengah diadakan ujian sekolah dan juga pondok Ramadan yang tertunda di tahun sebelumnya. Puji syukur alhamdulillah. Semoga kabar baik lainnya juga terjadi di bulan suci Ramadan kali ini. Amin, amin allahumma amin.


Nah, sobats. Itu dia rangkaian kenangan dari bulan puasa saat pandemi yang berawal dari tahun 2020 hingga 2022 sekarang ini. Yuk sambut dengan suka cita dan penuh syukur akan peralihan keadaan dari pandemi ke endemic. Semoga kita senantiasa diberikan Kesehatan dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancer hingga hari kemenangan tiba.


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kamu, ya…


~tabik

Mbak Ruroh


1 komentar:

  1. pandemi ini kerasa sudah mulai agak longgar ya. lalu lintas penerbangan juga lancar kembali. semoga saja ya kita bisa lebih mudah dalam segala aktivitas termasuk perputaran ekonomi. kenangan pandemi banyak banget sih, salah satunya kehilangan orang-orang yang kita kenal ya.

    BalasHapus

Kalau mampir kemari, tinggalkan pesan kalian ya
Biar berkunjung ke tempat kalian